Bukan Sembarang Cewek Teknik

6:09 PM

Cewek Teknik?
Cewek macam apa dia?

Cewek strong yang udah ga dikenal bentuknya sebagai cewek, karena tuntutan lingkungan studinya? Cewek ‘natural’ tanpa make up yang ga peduli ama penampilan?

huh well..

Sebagai cewek teknik sendiri, aku bisa bilang mungkin ada benarnya, ada ngga nya juga. Kita ga bisa menyamaratakan, karena tiap orang diciptain berbeda-beda. Cewek kan makluk unik dengan segala kesibukannya kadang apapun bisa dia lakuin, nah apalagi cewek-cewek di teknik yang satu ini nih, cewek di Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota.

Walaupun ga jauh beda, dengan teknik-teknik lainnya, jurusan teknik ini punya keasikan tersendiri. Kita nih, yang sekolah di Teknik PWK –ecieee sekolaah-, termasuk cewek-ceweknya sering dituntut buat pergi langsung ke lapangan. Dan kalian tau bagaimana bentuk ‘lapangan’ tadi? Lapangan kami itu..

Pinggir jalan besar... dimana kita dilimpahi debu..
Kawasan kumuh... yang mayoritas bisa ditemuin sampah berserakan..
Kawasan terpencil... tempat sinyal hilang..
Kawasan industri... penuh truk tronton lalu lalang..
Ke area tambak Semarang... yang panasnya subhanallah..
Ke pertanian luas... yang selalu bikin kita makin kagum ama Indonesia ..
Ke kandang ternak... cuman gara-gara penasaran...
Ke tempat wisata... dimana kita jadi tiba-tiba take-too-much-selfies..
Bahkan ke negeri seberang... yang penuh budaya baru...

terus,

Dari tempat yang kota banget, sampe masih adem desa..
Dari jalan yang yang satu jam ga dilewatin, sampe jalan yang selalu macet...
Dari yang sejauh mata memandang cuma sawah tegalan, sampe ke pemukiman yang ga ada celahnya..

Kayanya semuaaa dijabanin deh.. demi yang namanya totalitas nyari data, ninjau keadaan lapangan

Dari yang natural, sampe yang buatan


Dari jalan yang bisa buat berenang, sampe jalan yang bisa diajak syuting


Enak ga sih? Enak kebangeeetan... Dengan sering bepergian kita bakal nemuin berbagai hal-hal seru yang suka bikin kita terkejut. Terkejut secara positif dan negatif huehuehehe..

Kita juga dituntut buat fleksibel dan berani berhadapan dengan macem-macem orang. Dari yang cuman nanyain arah gara-gara keseringan kesasar, terus disangkain kita pihak pemerintah yang mau ngasih bantuan, nemuin penduduk perkotaan yang kadang susah ditanyain macem-macem, sampe harus bisa berhadapan dengan bapak-ibu dinas, pejabat dari tingkat desa sampe pusat. Dari dengerin keluh kesah pak tani, ke-nggak nyambungan narasumber, juga sampe curhatan keprihatinan bapak kades.


Dari yang ketemu orang-orang terpandang,
sampe adek adek usil yang malu malu mau, nampang juga akhirnya


Soft skill hard skill, software hardware, softcover hardcover, semua kudu disentuh haha.. Ga maen-maen kuliah selama 3 tahun ini, berbagai medan udah di jamah, outputnya bikin mental makin fleksibel buat ngadepin berbagai situasi.

Ga jauh beda juga dengan teknik lain yang ke lab buat praktikum. Kita juga nge ‘lab’ buat ngerumusin hasil rencana yang bakal jadi produk akhir, dan ini nih yang bikin waktu tidur berkurang. Duduk berjam-jam di depan laptop, semalam begadang bareng-bareng. Bikin analisis data, revisi siteplan kawasan, nyari referensi sebanyak-banyaknya, nyusun kata-kata, diskusi ide sampe semua akhirnya tumbang satu-satu..

Ga cuma harus punya otak, tapi juga tetap punya mental baja di lapangan. Kita belajar pentingnya kerja keras, tepat waktu, ama mampu komunikasi ama berbagai orang dari berbagai latar belakang. Tapi dibalik itu semua ada satu dari sekian hal yang ga bisa dilepasin dari anak-anak teknik buat jadi pribadi yang luwes yang bisa diandalkan.

Senyum!
Yaa.. Senyum tulus, sebagai surveyor pencari data, peninjau lapangan, juga pejuang tugas semalam

Dengan senyum, temen-temen se-gengs yang tadinya lesu harapannya dapat kita tulari dengan aura positif kita. Kalo senyum timingnya tepat, dan ditaruh di tempat yang tepat pula, pencarian data bakal lancar. Dengan teamwork baik, optimisme, dan senyum tulus, apapun rintangan survey yang menghadang, serasa bakal selalu bisa diselesein. Sekucel apapun bentuknya cewek teknik gara-gara dihantam begadang tugas dan agenda survey, yang penting senyum lebar dulu.


senyum hoy senyum


ya baiklaah ayo senyum


Senyum cewek teknik apalagi nih... ga boleh ikut-ikutan kering dan keras, kaya medan survey yang disambangi. Walaupun dibawah bendera teknik, sebagai kaum hawa, mereka tetep kudu tau basic merawat diri, dan semuanya dimulai dari merawat bibir, tempat senyuman itu berada #eceilee...

Begadang semaleman yang suka bikin ancur penampilan, bikin muka terlihat kusut, bakal tertolong dengan senyuman rutin yang bisa bikin muka jadi tampak awet muda. Walaupun kecil, daging yang bisa melengkung membuat senyuman itu, juga merupakan center-of-interest-nya muka. Yang paling bisa menampilkan impresi ramah dan bahagia kepada orang-orang yang ditemui saat survey lapangan. Makanya nih, mereka itu sebenernya musti punya benda kecil yang kudu banget dibawa kemana-mana: lipbalm



Walau observasi harus sampe ke tambak-tambak,
tapi bibir ga boleh sekering tanah tambak kan?



Jadi aku harus pake lipbalm? Kan itu kosmetik... buat yang cewek banget...
Aku cewe teknik setrooong, I’m natural, I don't need them

Semua cewek, ga terkecuali cewek teknik, kalau lagi ngaca, ga bakal ada yang mau lihat rupa bibirnya pecah-pecah kan? Apalagi kalau udah diluar, harus ketemu orang lain. Apalagi kalau ketemu orang yang penting urusannya ama tugas-tugas kuliah. Senyum tulus di hati, jadinya perih di bibir. Ga mauuu...

Sayangnya lipbalm di Indonesia sampai sekarang masih identik dengan satu gender, tapi sebenernya dia itu produk segala gender. Lipbalm juga bukan kosmetik yang fungsinya mempercantik penampilan. Lip balm itu produk perawatan kulit khusus kulit bibir, yang fungsinya buat melembabkan. Variasinya makin kesini, ada yang berwarna maupun ga, ada pula yang mengandung beberapa vitamin yang baik buat kulit bibir. Jadi malah jangan menghindar dari barang kecil ajaib satu ini, yang bisa bikin kita makin pede, bisa buat wajah tetep rapi dan sumringah saat survey. Cukup pilih dengan warna yang nggak mencolok biar bikin penampilan tetap natural senatural alam pedesaan.



senatural sayur dan sesehat sapi ini...


Bayangin... pada suatu hari, seorang bapak-bapak petani di sawah siang-siang lagi ngolah sawah, lalu ngeliat adek-adek mahasiswa-mahasiswa, melambai-lambai menyambanginya ke tengah sawah. Dia datang dengan disertai senyum tulus bibirnya yang suda terolesi lipbalm, mengatakan ‘sugeng enjing pak, nyuwun sewu.. anu.. dst’? translate: selamat pagi pak, minta seribu... anu... Lalu seketika bapaknya dengan sumringah balik ngasih senyum, rela ninggalin pekerjaannya yang berharga, demi kekepoan mahasiswa-mahasiswa yang jauh-jauh datang dari kota.

Pikir bapaknya ‘ini kenapa ini... di siang bolong, tumben ada anak muda yang nyamperin saya sambil senyam senyum’.. lalu mengalirlah lah cerita-cerita sepanjang Bengawan Solo. Dan akhirnya wawancara dan survey lancar, tugas pun kelar! Yey.. walau di kenyataan ga semudah itu


ini asli, bukan pencitraan


Intinya... berpenampilan baik itu bentuk menghargai orang yang bakalan ditemui di luar rumah nanti. Dan berpenampilan baik bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti menjaga kelembaban bibir. Nah, kalo bibir udah terlanjur kering penuh kerutan, jangan dibasahin dengan ludah, karena malah bakal makin kering. Apalagi kalo survey di musim-musim udara kemarau penuh asap kaya gini, bibir kering bisa sampe terasa perih jika dibuat tersenyum. Ditambah habit tangan yang suka gatel tuh, ngelupasin kulit bibir... Hati-hati juga, bibir yang keseringan pecah-pecah, kalau terus-terusan dibiarin bakal bikin warna bibir berubah.

Udara dingin (ber AC), dan berangin juga bisa jadi penyebab bibir kering. Secara alus banget, udara-udara tadi ngebawa lari uap air dari kulit. Bibir sebagai kulit paling tipis dan paling rentan, dia bakal jadi sinyal pertama tubuh kalo mulai kekeringan. Nah kalau udah kering, segera aja, dengan sigap keluarin item ajaib itu... aplikasiin pake jari atau secara langsung jika kemasannya stick. Lebih baik lagi kalo lipbalm diaplikasiin secara rutin, misal sehabis mandi pagi atau sebelum tidur.

Omong-omong tentang produk lipbalm, ada satu produk lipbalm baru di Indonesia yang recommended buat kalian-kalian cewek strong, juga termasuk cewek cewek teknik penuh tekanan :P , yang ingin senyumnya tetap sempurna.. :P

 Khalisa Lip Care

Ya.. ini dia lipbalm yang berada dibawah lisensi Rohto Laboratories Indonesia, lipbalm Khalisa. Lipbalm Khalisa ini punya kandungan utama yang bener-bener udah teruji buat melembutkan dan melembabkan kulit, yaitu dari Beeswax, Shea Butter, dan Olive Oil.

Beeswax adalah lilin yang diproduksi lebah madu ketika ada di sarangnya. Yang unik, di dalam beeswax juga mengandung vitamin A, yang penting untuk perkembangan sel manusia. Banyak orang nggunain bahan ini untuk antiseptik dan penyembuhan luka. Hmm, kan cocok tuh kalau buat bibir yang kering terkelupas. Kalau Shea Butter adalah lemak dari ekstrak biji pohon shea (sejenis tanaman di Afrika) yang manfaatnya ternyata ga kalah top. Ga cuman melembabkan, ternyata shea butter bisa mengencangkan kulit, jadi tabir surya alami, juga meratakan warna kulit. Sedangkan Olive oil (minyak zaitun) bukan barang asing di Indonesia, yang fungsinya udah diketahui secara luas buat melembabkan .

Ketiga bahan tadi yang paling penting mereka dari alam, dan punya efek samping yang minim. Tapi Khalisa punya 2 keunggulan lain yang ngebedain dari lipbalm biasanya:
  1. Khalisa udah ngejamin produknya halal! Ada label MUI halal di kemasannya. Senyum udah ibadah, ditunjang dengan produk yang udah kejamin halalnya, gimana ga klop tuh ..
  2. Dengan nama produk Khalisa Lip Care, lipbalm yang satu ini juga cocok banget buat dipake melindungi bibir kalau buat panas-panasan mandi matahari waktu survey, karena ada kandungan SPF 25 dan Vitamin E nya. SPF 25 (Sun Protection Factor) yang befungsi sebagai UV protector, yang sering kita denger di produk-produk body lotion, jadi ramuan tokcer Khalisa buat melindungi bibir biar ga mateng berubah warna habis terpapar matahari.
Amazing tenan... Multifungsi!
Khalisa juga punya 4 varian lipbalm yang bisa banget disesuain ama berbagai kondisi:

  1. Red Cherry Peppermint -  Natural Red Color: warnanya merah lembut yang natural + aroma Cherry Peppermint segar, cocok digunain pas buru-buru dan pengen mendapatkan muka keliatan cerah, warna merahnya bikin muka kita jadi sumringah misal setela abis begadang semalaman
  2. Pink Bubble Gum - Natural Pink Color: warnanya pink lembut yang natural dengan aroma wangi permen karet yang manis. Cocok buat yang suka natural look! Cocok kalo mau survey ke kampung-kampung dan pedesaan hehe, biar penampilannya lebih melebur dengan masyarakat gitu
  3. Peach Caramel - Natural Peach Color: berwarna salem/peach yang natural dan beraroma Caramel manis. Karena warnanya sangat lembut, jadi lebih cocok buat yang punya jenis bibir cenderung terang atau pucat
  4. Pure Vanilla Honey - No Color: yang ini tanpa warna, tapi tetap beraroma wangi Vanilla :3 Varian ini yang paling bisa dipake buat pemula yang belum pede dengan lipbalm berwarna, atau paling mungkin buat digunain cowok sepertinyaa

Dimana bisa mendapatkannya? Kamu bisa cek list tokonya disini. Dengan harga sekitar Rp 20.000, jadikan lipbalm Khalisa must-to-have-item ketika bepergian.

"Balt-sun Lipbalm" illustration
by Penelope Dullaghan

Buat cewek-cewek yang merasa strong, yang suka observasi kemana-mana -ga cuman cewek-cewek teknik-  jangan sungkan-sungkan buat bawa selalu lipbalm Khalisa, barang ajaib berbentuk stik yang cuma punya berat bersih 2,2 gram ini, ke saku jaket. Kalian ga tau kejutan yang bakal menanti di tempat yang kalian datengin, gatau ‘iklim mikro’nya bakalan bisa mengacak-acak mood dan penampilan kaya gimana.

Seekstrim apapun daerah yang dikunjungi, sekenceng apa angin yang menerpa, sampe keabisan air dan kekurangan cairan, atau malah harus pergi pas puasa, jangan sampe kita semua lupa buat ngelakuin senyum tulus yang sempurna tadi. Tanda khas keramahan orang Indonesiaa.. Tanda kita bukan sembarang cewek teknik #azeek

Ga ada salahnya jadi orang yang selalu siap siaga, selalu well-prepared dengan bawa lip balm Khalisa yang super praktis ini. Jangan lupa juga, jaga selalu kesehatan kulit dari dalam dengan rajin minum air putih serta perbanyak konsumsi sayur dan buah. Let’s your smile enlighten the world, and love our body since young... Thank’s for reading! :D


Khalisa Lip Balm,
Lembabkan dan Warnai Tulusnya Senyummu




Sumber:
  • Dokumentasi pribadi
  • http://www.reactiongifs.com
  • https://www.facebook.com/KhalisaIndonesia?fref=ts
  • http://penelopeillustration.com 
  • https://www.facebook.com/SabunNaturalStory/posts/434964353256019 
  • http://www.merdeka.com/gaya/6-manfaat-super-shea-butter-untuk-kulit.html

You Might Also Like

0 comments

Berkomentarlah, sebelum berkomentar itu dilarang

PART OF

http://kancutkeblenger.com/ http://indonesian-hijabblogger.com/ Blogger Perempuan