#daily life

Tidur Diatas Level Kebo

2:54 AM

Zzzz.. Tidur? Wikipedia bilang bahwa tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang. Tapi kalo kalian istirahat sampai susah bangun-bangun walaupun udah tidur dalam jangka waktu yang lama gimana?

Melebihi tidurnya kebo, ada suatu level dimana kamu melebihi tidurnya rang-orang yang dapat tidur dalam jangka waktu yang lama. Level itu dimana kamu merasa tidur tapi sama sekali nggak bergerak. 

Till the start to the end, you don’t even move an inch, scratch anything off of your own body part.

Jadi nih ketika bangun, bukanya badan jadi seger, tapi jadi pegel-pegel karena kelamaan tidur dengan posisi benar dan tetap dalam jangka waktu berjam-berjam. Seperti duduk berjam-berjam di depan laptop, ini tidur berjam-jam diatas kasur. Ada kondisi dimana kamu tidur, sama sekali persis seperti orang mati. Aku menyebutkan mati disini, benar-benar mati. Tidak mendengar, tidak merasakan apapun, bahkan nggak ngimpiin apapun. Kalo orang tidur simbolnya 'Zzzz ZZZ…", mungkin kasusku simbolnya '    '. Kosong, sepi, gak ada berisiknya.

Bagaikan jatuh dari daratan yang kita pijak, menuju dalamnya laut lapis tujuh, tapi lautnya terasa adem, hening, melenakan, tapi ternyata berbatu-batu -bikin kita pegel-pegel. Biar sadar dan dapat udara diatas, harus diguncang erupsi gunung berapi bawah laut -artinya yang ngebangunin harus pake cara khusus diibaratin fenomena alam luar biasa yang jarang dijumpai para manusyiaa

Berkaitan dengan tidur, alam sadar dan alam mimpi,dikutip dari sini, berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh KH. Athian Ali, ketua Forum Ulama Umat Indonesia bahwa manusia yang sedang tidur seperti manusia yang udah wafat bro. Ruh kita dikeluarkan oleh malaikat dengan seizin Allah SWT dari jasad manusia dan dibawa ke suatu tempat di luar alam dhohir. Selain itu nih ya, berdasar ayat Al Quran surat Az Zumar ayat 42.

"Orang-orang yang mati itu rohnya ditahan Allah sehingga tidak dapat kembali kepada tubuhnya; dan orang-orang yang tidak mati hanya tidur saja rohnya dilepaskan sehingga dapat kembali kepadanya lagi" (QS Az Zumar : 42)

Hmm, sepertinya khusus roh tubuh ini ditahan lama beut waktu tidur. Terkadang jika kemaleman tidur, merasa takut untuk tidur jika sendirian, bukan karena takut akan kesendiriannya, tapi takut karena tidak orang atau sesuatu yang bisa membangunkan. Walhasil syalala begadang, hello morning mata panda.

Memang benar sunnah Nabi, bahwa baiknya tidur di awal dan bangun di kala semua orang masih terlelap di tengah malam lebih baik. Tau kenapa? Ya, karena akan banyak hal yang dapat kita lakukan ketika kita lebih dulu terbangun. Tinggal motivasi dan niat dalam diri yang perlu dibenerin dan dilurusin. Termasuk apabila kena sindrom tidur level yang menyerupai orang mati ini. Kebukti pas jaman ujian sekolah, ujian masuk PTN, nglembur tugas yang deadline. Intinya kita punya keinginan bangun buat ngelakuin sesuatu yang pengen banget kita kejar, kita selesein, kita kuasain, kita hajaar dengan cara bangun tidur. Sipp, masalah selesai. Level kebo, level orang mati, level koala, dapat diatasi dengan mindset bahwa bangunnya tubuh kita lebih berharga. Ada banyak hal yang harus kita kejar setelah kita tidur, karena pahlawan sejatinya akan malu untuk mendapat gelar pahlawan kesiangan.

Nah kan udah biasa kita denger tuh, do'a sebelum dan sesudah ritual rehat tubuh dan pikiran ini, tapi kali ini saya pengen berbagi artinya aja, karena apa artinya dilafalkan, jika sekedar diucapkan tanpa dipahami :)

Doa Sebelum tidur
Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.” (HR. Muslim)

Doa bangun tidur:
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan."

Tidur, sesuatu yang ajaib, karena disebutkan bahwa sebenarnya manusia saat tidur dimatikan sementara. Makhluk organik yang kompleksnya minta ampun, memang perlu dengan seijin penciptaNya agar dapat selamat dan hidup kembali. Gak kebayang, jika ketika kita tidur, enak tidur, lalu kebablasan tidur selama-lamanya, dan tiba-tiba sampailah kita di liang lahat sendirian yang gelap. Sendirian. Naudzubillah min dzalik T_T

Tidur sesuatu yang sedikit gaib. Memang, segala sesuatu yang gaib itu misteri karena gaibnya. Hanya saja kita tak perlu terlalu kepo, karena keterbatasan ilmu dan sesungguhnya ada Sang Pencipta yang lebih tau. Hmm, ada bonus gambar hasil belajar Illustrator beberapa hari ini:




PART OF

http://kancutkeblenger.com/ http://indonesian-hijabblogger.com/ Blogger Perempuan