#kendal

Singgah Sesaat ke Pelabuhan Kendal

12:11 AM

    Hai! Ini postingan pertama  tentang jalan-jalan. Jalan-jalan ke tempat yang bener-bener bikin penasaran selama berbulan-bulan: Pelabuhan Kendal.

      judulnya: Pijakan Pertama  :'>

    Tidak hanya jalan-jalan, tapi kita observasi dan juga sedikit menggali info tentang keberadaan pelabuhan yang sedikit bermasalah dengan kedalaman lautnya yang dangkal -dan memang terjadi pendangkalan karena sedimentasi (sumber 1, sumber 2).

    Penasaran bagaimana bentuk pelabuhan daerah sendiri, bersama si Igirisa -yang bisa dibilang new-travel-mate- akhirnya pada sabtu pagi kemarin bisa kesitu juga. Semenjak kemunculannya yang mengagetkan (tidak disangka karena letaknya berdekatan dengan Tanjung Emas) dan keberadaanya yang sempat disinggung dosen transport, tempat ini pengen aku sambangi secepatnya, secepat kilat menyambar palu Thor.. hadeeh 

    Pelabuhan Kendal dapat dicapai melalui jalur alternatif/lingkar/luar kota Kaliwungu. Setelah putar balik dari arah Semarang, kami cari ancang-ancang  pom bensin, karena posisi gerbang masuknya terletak berdampingan dengan pom bensin.

    Ja ja jaaang.. Ini diaaaa


    Kami masuk dan menyusuri jalan beton sepanjang 4 km (menurut papan petunjuk) untuk dapat sampai ke ujung daratan. Be-te-we, jalan masuk ini dibangun oleh Pemprov Jateng dan pengembangan pelabuhan ini menjadi wewenang pemerintah pusat.

     Kanan kiri jalan didominasi lahan bekas sawah yang sudah sudah berisi air (di awal), kemudian terdapat beberapa bangunan-bangunan pabrik (mungkin) untuk pengolahan semacam batu bara, pasir dan kerikil yang letaknya saling berjauh-jauhan. Makin menuju pelabuhan, maka dapat ditemui tambak-tambak, lahan berair semacam sawah semi tambak  (??) yang berisi pohon bakau (belum bisa disebut hutan bakau). Pemukiman penduduk hanya sedikit mungkin belas-belasan jumlahnya.




    Setelah bosan ngeliatin jalan betonnya yang ga ketauan ujungnya, akhirnya kita melihat laut lepaaaaas, dan anehnya seketika kita kegirangan !!! Karena ngeliat bentang alam yang kanan-kirinya luas tanpa bangunan,isinya tambak-tambak (yang ga amis sama sekali), air, pohon-pohonan rendah… diatas ada langit luas dan di depan mata ada laut lepaas..  serasa lagi ngilang dari pulau jawa!


    Karena pagi itu agak mendung, batas laut dan langit terkesan superrrr dramatis, ditambah banyak kapal-kapal besar di garis cakrawala. Mungkin karena efek terlalu lama di daratan kali ya.. ngeliat bentukan alam berupa laut yang langsung nyambung dengan tambak senengnya minta ampuun!!!
    Kemudian ada gerbang lagi yang ada pos satpamnya, yang menjadi 'clue' kalo kita udah dekat dengan bangunan inti pelabuhan. Dan ini dia rupa kantor Pelabuhan Kendal:

     


    Sepi…... Tapi kita suka! Karena tempat yang ga banyak orangnya memang lebih menarik buat dikunjungi. Kebanyakan orang yang dateng kesini pada mancing dan kita nemu banyak ubur-ubur. Haha.. Sumpah, bener-bener gila saking senengnya ngeliat laut yang luas dan sepi.  Dan senengnya foto yang kita ambil hanya bermodalkan kamera hape lokal hasilnya lebay dramatis.


    Daratan Kaliwungu dan Mangkang dari pelabuhan



    Pesawat sering lewat


    Ada satu kapal besar nangkring disini, kapal penumpang Kali Bodri, sisanya kapal nelayan. Awan diatasnya dramatis super no-effect.



     Didekat kantor, sepertinya situ kompleks terminal penumpang, juga ada tempat buat jalan penumpang kapal yang melayang-layang (gatau namanya)
      

    Karena penasaran, kita juga nyobain naik. Makin dideketin sempet kepikiran buat ngefungsiin tempat itu buat disulap jadi pergola wedding ala ala marine yang penuh bunga-bunga :3


     Di pantainya kita nemu lautan bulu babi.. Tapi ternyata itu tumbuhan.


     Dari pantai, pelabuhannya bentuknya kaya gini:
      

    Sayang, selalu ya.. masalah klise di pantai-pantai Indonesia: sampah


     Lalu kita jalan ke arah barat dan nemu dermaga yang buat barang (sepertinya)


    Jalan beton yang cukup panjang menjorok ke tengah laut



      
    Dan ternyata memang belum selesai proyeknya....

    si Igirisa sepertinya merindukan daratan Sulawesi!

     Jadi begitulah penasaranku yang berbulan-bulan terjawab.. Cukup memuaskan dengan sepi dan luasnya, tapi masih perlu menunggu kelanjutannya pembangunannya. Yaaah bisa jadi pengamat untuk saat ini.

    Aku pribadi sebenernya memang antusias banget ngikutin perkembangan kedepan bakal kaya gimana nih pelabuhan. Bakal bikin Kendal rame! wahaha. Kalo ngliat RTRW lagi nih, konsepnya kawasan industri  di sekitar pelabuhan ini bakal terintegrasi dengan jalur kereta.

     Konsepnya sih keren.. Tinggal pelaksanaanyaaaa, ama nanti integrasiin rel kereta ama pelabuhannya gimana. Kan kalo di pelabuhan-pelabuhan internasional, rel kereta deket ama pelabuhan, jadi kontainer tinggal diangkut/dibongkar dari rel, jadi lebih efisien dan praktis. Apalagi ini bakal ngurangin beban jalur pantura. hmm :3

    Pelabuhan Kendal / Kendal Mega Seaport / Tanjung Kendal merupakan nama-nama yang sempet aku denger buat namain pelabuhan ini kedepan. Pertama kali tau keberadaan pelabuhan ini dari papan penunjuk jalan hehe.. Sama awal mulanya cari-cari info tentang KIK, Kawasan Industri Kendal, lalu berita pelabuhan sebagai penunjangnya nyangkut.

    Proyek pembangunan Pelabuhan Kendal ini telah dimulai sejak 2001 (dicetuskan Pak Hendy), namun sempat terbengkalai selama 5 tahun (sumber). Dan di masa bu Widya, dilanjut lagi, hingga akhirnya 2013 kemarin diresmikan sebagai pelabuhan penyeberangan (sumber). Selanjutnya pelabuhan ini bakal jadi pelabuhan niaga dan peti kemas juga, dan bahkan diharapkan bakal jadi pelabuhan samudera (sumber). Pada tahun 2012 berdasarkan sumber, pemerintah kabupaten bilang "Selain pelabuhan penumpang, tahun 2014 presiden juga akan meresmikan pelabuhan niaga dan peti kemas"  tapi ini tahun 2014 udah mo lewat nih.. Wah gimana nih??

    Dari Kementerian Pekerjaan Umum, rencana kawasan strategis Pelabuhan Kabupaten Kendal dikembangkan dengan maksud sebagai penyangga Pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang sudah padat. Semasa Bibit Waluyo, Pemprov Jateng ngefokusin pengembangan Pelabuhan Kendal setelah kondisi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang sering dikeluhkan karena masalah rob.

    Pelabuhan ini isu-isunya punya rute penyeberangan Kendal- Kumai, Kalimantan Tengah (di RTRW juga sudah ditetapkan), tapi disini disebutkan atau rute Banjarmasin-Kendal. Namun rute tersebut belum ditetapkan, soalnya pengoperasian resmi pelabuhan untuk penyeberangan menunggu SK dari Kemen PU turun, dan ditarget pada awal 2015 pelabuhan ini baru akan resmi beroperasi (sumber). Pelabuhan ini udah diuji coba beberapa kali (uji coba September 2013, uji coba Agustus 2014, ).

    Satu hal yang aku masih bingung, apa bedanya pelabuhan penyeberangan, niaga dan peti kemas, ekspor-impor? Dilihat di RTRW, pelabuhannya cuma ditetapkan sebagai pelabuhan penyeberangan, sedangkan berita yang beredar di dunia maya itu bakal jadi pelabuhan niaga dan peti kemas, bahkan ekspor-impor (sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4). Apakah penyeberangan disini bisa untuk segala jenis penumpang (manusia, barang)?

    Hmm.. Yok ayoo.. Yang tau jangan sungkan-sungkan sharing. Correct me if I'm wrong.
    and thank's for reading! :)

#reflection

40 Jawaban Tentang 2014

9:48 PM

Sudah akhir tahun, saatnya evaluasi tahunan!! Jujur saja, saya benci evaluasi kali ini. Karena sepertinya saya terlalu sering melakukan kesalahan dan pengabaian. Terlalu banyak prasangka dan pengandaian akan sesuatu yang belum pasti...

hhh dasar..
si melakonlis datang di musim penghujan... -..-

dan berikut, ga tanggung-tanggung saya berbagi jawaban-jawaban tentang evaluasi hidup seorang gadis berumur 19 tahun di tahun 2014, pertanyaan-pertanyaan berikut diambil dari blog INTO MIND. thank's for making me a 'homework' in these perfect idle days!





  • 1.What one event, big or small, are you going to tell your grandchildren about? menang juara lomba maraton fakultas (hehe)... hmm tapi hal ini tidak cukup membanggakan karena suatu hal. tapi setidaknya saya bisa mempersembahkan piala untuk orangtua semasa kuliah haha
  • 2.If you had to describe your 2014 in 3 words, what would they be? masih remaja labil
  • 3.What new things did you discover about yourself? extreme introvert, baru merasakan bagaimana sensitifnya seorang wanita ketika puncak-puncak PMS, not expressive enough, tipe pemikir parah, hanya bisa bersikap cute/manja ke adik yang paling kecil (tapi bisa juga berubah menjadi kejam seketika)
  • 4.What single achievement are you most proud of? nama muncul di web jurusan sebagai atlet maraton yang mengharumkan nama jurusan wehehe
  • 5.What was the best news you received? adek keterima di Gontor Banyuwangi... senang saja, seperti ada aroma sedap travelling hmmm

  • 6.What was your favourite place that you visited in 2014? susur sungai di nglimut, Boja, Kendal. sebenarnya memori susur sungai-nya yang membuatnya terkenang, karena akhirnya saya pribadi bisa merasakan lompat ke air dari ketinggian yaang seruuuu-nya ga ketulungan waaaaaa..
  • 7.Which of your personal qualities turned out to be the most helpful this year? independent girl.. strong woman, creative enough, tipe-tipe ga bisa diem dalam kesendirian (weleh)
  • 8.Who was your number one go-to person that you could always rely on? none.. ra ono, i must be very overly keeping things on my own
  • 9.Which new skills did you learn? 1) membuat model rancang kota 3-dimensi dengan sketchup.. hehe, walau levelnya pemula 2) skill layout buku dengan photoshop
  • 10.What, or who, are you most thankful for? orangtuaku, terimaksih telah mensupport kegiatan perkuliahanku untuk tahun yang ketiga ini, kalian the best! laptopku, si Abigail yang setia menemani segila-gilanya aktivitasku. bapak ibu kos, thank youuuh pak bu, karena telah memasukkan wifi ke dalam kosan. 

  • 11.If someone wrote a book about your life in 2014, what kind of genre would it be? A comedy, love story, drama, film noir or something else? travelling-reflection-family genre
  • 12.What was the most important lesson you learnt in 2014? efek PMS yang sangat parah tahun ini. membuat beberapa hal kacau. harus siap-siap latian skill pengendalian-perasaan (feeling-bender hahaa)
  • 13.Which mental block(s) did you overcome? tidak terlalu pintar mengkomunikasikan sesuatu, terkadang terlalu mudah terbawa perasaan (misal jadi menangis, napas ga stabil), atau bahkan terlalu tidak memikirkan sesuatu. terlalu suka melalaikan sesuatu karena saat itu, hal tersebut tidak diinginkan, atau bahasa kerennya moody. juga terlihat kurang bisa meyakinkan orang lain, karena sebenarnya saya bukan tipe orang yang serius.
  • 14.What 5 people did you most enjoy spending time with? maksudnya.... what? who apa... mereka adalah adek kecilku, arma, indri, dwi, kelompok studiokuuuu (Parakan)
  • 15.What was your biggest break-through moment career-wise? eobsoyeooo.. ra ono, ga ada gebrakan selama berkarir menjadi mahasiswa plano. nyambi jadi atlet dan pembuat gambar, mungkin bisa disebut gebrakan kecil kali ya.

  • 16.How did your relationship to your family evolve? normal, stagnan. tapi akhir tahun ini saya ternyata makin menjadi anak perempuan yang suka uring-uringan dan ngambek tiba-tiba. sebenernya saya pengen meningkatkan komunikasi dengan kakak satu-satunya dan ingin meningkatkan hubungan dengan saudara-saudara yang ada di Semarang.. tapi pasti sangat 'aneh' ketika berhubungan dengan mereka yang tidak terlalu akrab -,,-
  • 17.What book or movie affected your life in a profound way? entahlah.. banyak sekali, tapi kebanyakan mereka menjuruskanku untuk lebih jujur, lebih pintar, lebih terbuka, lebih untuk berkata apa adanya... dan lebih berani
  • 18.What was your favourite compliment that you received this year? ga ingat, tidak ada yang teringat... eh jadi inget "bila kereen!" banyak yang bilang kaya gitu, dan "Bila kaya Yuki Kato" ahahaaaa, "bila body defense-nya bagus dah" (pas main futsal)
  • 19.What little things did you most enjoy during your day-to-day life? aku tak yakin, tapi sepertinya bersenandung, melebarkan range nada, terutama mencapai nada rendah
  • 20.What cool things did you create this year? layouting. design, mencoba sketch untuk pertama kalinya dan hasilnya cukup memuaskan :))

  • 21.What was your most common mental state this year (e.g. excited, curious, stressed)? terbebani, penuh pikiran, was-was, tidak tenang, gelisah, penuh penyesalan
  • 22.Was there anything you did for the very first time in your life this year? yeess.. haha tinggal serumah dengan sekelompok anak laki-laki dan perempuan berbaur (hlooh), maraton, sketching, layout dengan photoshop, ikut main bentar di tim futsal, mengenal apa itu lightroom dan keajaibannya, susur sungai, jadi kaka asuh, pergi ke balaikota semarang untuk pertama kalinya, makan di kfc -hahaha, pergi ke tempat-tempat baru di temanggung, punya akun instagram (hehe :P), beli tas sendirian untuk pertama kali, jatuh cinta dengan gongso dan pecel, melewati rute Parakan (Temanggung)-Weleri dengan motor, benar-benar 'bermain' dengan kucing, gigi geraham paling belakang muncul dan mengacaukan segalanya, memegang sponsorship suatu acara... dan setelah aku pikir-pikir, ternyata banyak sepertinya
  • 23.What was your favourite moment spent with your friends? ketika kami ber-empat (my-freakin'-girls) bersama di luar kampus, makan bersama, saling menggoda haha dan membicarakan berbagai hal. lalu saat bersama tim perkuliahan, saling bekerja sama-sama, saling mengobrol dan merasa senasib, benar-benar meninggalkan banyak kenangan....
  • 24.What major goal did you lay the foundations for? eobsoyeoo... nol. aku melupakannya, aku lupa tidak menetapkannya di awal tahun
  • 25.Which worries turned out to be completely unnecessary? terlalu memikirkan pendapat dan opini orang lain, padahal sebelum-sebelumnya tidak terlalu seperti ini

  • 26.What experience would you love to do all over again? susur sungai, bermain di pantai dengan keluarga besar, seminggu hidup tenang di Parakan
  • 27.What was the best gift you received? i'm still alive and healthy this year, i'm amazed for this. really.
  • 28.How did your overall outlook on life evolve? banyak tipe orang di dunia ini, mereka berbeda, tapi hadapi mereka dengan baik hati. pandangan ini makin melebar semenjak banyak orang yang ditemui.
  • 29.What was the biggest problem you solved? masih belum benar-benar menyelesaikannya.. karena menyangkut habbit dan perilaku
  • 30.What was the funniest moment of your year, one that still makes it hard not to burst out laughing when you think about it? aku tak yakiiin.. 

  • 31.What purchase turned out to be the best decision ever? sebuah lemari, benar-benar mengubah kamar kosan yang sempit
  • 32.What one thing would you do differently and why? entahlah.. cara nglompat ke air ketika susur sungai mungkin. nglakuin dengan teknik yang salah menyebabkan rasa sakit dan kedinginan. kapok.
  • 33.What do you deserve a pat on the back for? terlalu memikirkan segalanya sendirian, itu tidak baik, membuat pribadi menjadi terlalu keras dan kaku dari luar, kau sudah melakukan yang terbaik sampai saat ini, tetap fokus pada tujuan bersungguh-sungguhlah, jangan buang-buang waktumu, bebaskan dan lepaskan bil
  • 34.What activities made you lose track of time? browsing, fangirling... 9gag-ing
  • 35.What did you think about more than anything else? tugas kuliaah... tapi hal itu bakal terkalahkan ketika disuruh pulang rumah

  • 36.What topics did you most enjoy learning about? urban farming, transport, home decor, marriage life (hihi), art and design
  • 37.What new habits did you cultivate? ngomong straight to the point, more aware and vocal in the team
  • 38.What advice would you give your early-2014 self if you could? jadi orang yang tepat waktulah bil. bukan berarti tepat saat sudah waktunya, tapi usahakan siap sebelum waktunya.
  • 39.Did any parts of your self or your life do a complete 180 this year? jadi anak labil, gampang marah, juga terlalu berprasangka
  • 40.What or who had the biggest positive impact on your life this year?  prinsip/tujuan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, juga para idol-idolku yang selalu setia untuk mengejar mimpinya, sering mengikuti insting dan kata hati

    done. hehe. ternyata 2014 terasa pendek namun penuh kenangan jika memang benar-benar dikenang. coba kalian juga (yang sempet-sempetnya baca ini) jawab-jawab pertanyaan diatas. walaupun sedikit ketakutan ketika jawab karena yang ada dipikiran cuma penyesalan, tapi ternyata kalo diberani-beraniin, kita bakal nemu memori yang cukup bisa kita tertawakan.

  • sedih sekaligus optimis. satu hal yang saya tangkap setelah nulis postingan ini: kita hidup hari ini, bukan sekarang, bukan kemarin, jadi segera lakukan sesuatu hari ini juga

    semangaat kawan! :)

#reflection

4:45 PM




Jajaran nyiur bersapa ramah dengan angin laut yang biasa dikenalnya

Seolah-olah bermata, lalu mereka memandangku sendu, tapi sekaligus penuh kedamaian

"Datanglah, lihat kami yang begitu pasrah namun juga semangat untuk hidup"

"Apa yang membuatmu semangat"

"Karena kami hidup" mereka tersenyum simpul

Kemudian sepi, dan aku bergerak maju menuju ke tepi laut

Kutemui lagi mereka, setelah 2 tahun

"Hai ombak. Lama tak jumpa, kau begitu tenang hari ini"

"Aku tak bisa mengelak untuk mengikuti suasana hatimu"

"Kenapa kau harus mengikutiku?"

"Kau melihat kami dengan perasaanmu. Jangan lakukan itu, itu menipumu"

"Apa yang telah aku lakukan?"

"Jalanlah dengan penuh kesadaran, atau kau akan terjatuh"

Aku terdiam, didiamkan oleh jawaban itu

Lalu riaknya tak terdengar lagi



Ombak bergerak mundur lalu datang lebih besar

Airnya menyentuh sepatuku, dingin

Aku bergumam, bagaimana bisa ia tak bosan-bosannya memberi manusia candu

Agar bergeming dan tetap inginkan suara alam masuk ke telinga mereka

Kalahkan suara-suara kepenatan hidup, lupakan masalah

Mereka menanti disini, menerima manusia untuk merenung sepanjang hari

Sambil membau laut, melihat cakrawala

Tak ada nelayan, tak ada seorangpun

Hanya gubuk-gubuk tua tak terawat yang lama ditinggal pemiliknya

Seperti pikiran yang telah dipermainkan oleh hati, tak tau arah

Logika dan rasionalitas berbalik meninggalkannya seperti orangtua yang pikun

Kali ini Sang Pencipta telah membolak-balikkan hatinya

Ia sudah tak berada di tempat ia merasakan kedamaian seperti dulu

Saat ini ia sedang mencari sesuatu yang abstrak tentang kebenaran hidup

Yang terlanjur melarut, bahkan mungkin menguap

Sulit dipisahkan dari campuran potongan-potongan unsur lainnya yang terlalu banyak

Weleri-Tembalang
20140919 

#daily life

Tidur Diatas Level Kebo

2:54 AM

Zzzz.. Tidur? Wikipedia bilang bahwa tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang. Tapi kalo kalian istirahat sampai susah bangun-bangun walaupun udah tidur dalam jangka waktu yang lama gimana?

Melebihi tidurnya kebo, ada suatu level dimana kamu melebihi tidurnya rang-orang yang dapat tidur dalam jangka waktu yang lama. Level itu dimana kamu merasa tidur tapi sama sekali nggak bergerak. 

Till the start to the end, you don’t even move an inch, scratch anything off of your own body part.

Jadi nih ketika bangun, bukanya badan jadi seger, tapi jadi pegel-pegel karena kelamaan tidur dengan posisi benar dan tetap dalam jangka waktu berjam-berjam. Seperti duduk berjam-berjam di depan laptop, ini tidur berjam-jam diatas kasur. Ada kondisi dimana kamu tidur, sama sekali persis seperti orang mati. Aku menyebutkan mati disini, benar-benar mati. Tidak mendengar, tidak merasakan apapun, bahkan nggak ngimpiin apapun. Kalo orang tidur simbolnya 'Zzzz ZZZ…", mungkin kasusku simbolnya '    '. Kosong, sepi, gak ada berisiknya.

Bagaikan jatuh dari daratan yang kita pijak, menuju dalamnya laut lapis tujuh, tapi lautnya terasa adem, hening, melenakan, tapi ternyata berbatu-batu -bikin kita pegel-pegel. Biar sadar dan dapat udara diatas, harus diguncang erupsi gunung berapi bawah laut -artinya yang ngebangunin harus pake cara khusus diibaratin fenomena alam luar biasa yang jarang dijumpai para manusyiaa

Berkaitan dengan tidur, alam sadar dan alam mimpi,dikutip dari sini, berdasarkan ulasan yang disampaikan oleh KH. Athian Ali, ketua Forum Ulama Umat Indonesia bahwa manusia yang sedang tidur seperti manusia yang udah wafat bro. Ruh kita dikeluarkan oleh malaikat dengan seizin Allah SWT dari jasad manusia dan dibawa ke suatu tempat di luar alam dhohir. Selain itu nih ya, berdasar ayat Al Quran surat Az Zumar ayat 42.

"Orang-orang yang mati itu rohnya ditahan Allah sehingga tidak dapat kembali kepada tubuhnya; dan orang-orang yang tidak mati hanya tidur saja rohnya dilepaskan sehingga dapat kembali kepadanya lagi" (QS Az Zumar : 42)

Hmm, sepertinya khusus roh tubuh ini ditahan lama beut waktu tidur. Terkadang jika kemaleman tidur, merasa takut untuk tidur jika sendirian, bukan karena takut akan kesendiriannya, tapi takut karena tidak orang atau sesuatu yang bisa membangunkan. Walhasil syalala begadang, hello morning mata panda.

Memang benar sunnah Nabi, bahwa baiknya tidur di awal dan bangun di kala semua orang masih terlelap di tengah malam lebih baik. Tau kenapa? Ya, karena akan banyak hal yang dapat kita lakukan ketika kita lebih dulu terbangun. Tinggal motivasi dan niat dalam diri yang perlu dibenerin dan dilurusin. Termasuk apabila kena sindrom tidur level yang menyerupai orang mati ini. Kebukti pas jaman ujian sekolah, ujian masuk PTN, nglembur tugas yang deadline. Intinya kita punya keinginan bangun buat ngelakuin sesuatu yang pengen banget kita kejar, kita selesein, kita kuasain, kita hajaar dengan cara bangun tidur. Sipp, masalah selesai. Level kebo, level orang mati, level koala, dapat diatasi dengan mindset bahwa bangunnya tubuh kita lebih berharga. Ada banyak hal yang harus kita kejar setelah kita tidur, karena pahlawan sejatinya akan malu untuk mendapat gelar pahlawan kesiangan.

Nah kan udah biasa kita denger tuh, do'a sebelum dan sesudah ritual rehat tubuh dan pikiran ini, tapi kali ini saya pengen berbagi artinya aja, karena apa artinya dilafalkan, jika sekedar diucapkan tanpa dipahami :)

Doa Sebelum tidur
Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati.” (HR. Muslim)

Doa bangun tidur:
Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan."

Tidur, sesuatu yang ajaib, karena disebutkan bahwa sebenarnya manusia saat tidur dimatikan sementara. Makhluk organik yang kompleksnya minta ampun, memang perlu dengan seijin penciptaNya agar dapat selamat dan hidup kembali. Gak kebayang, jika ketika kita tidur, enak tidur, lalu kebablasan tidur selama-lamanya, dan tiba-tiba sampailah kita di liang lahat sendirian yang gelap. Sendirian. Naudzubillah min dzalik T_T

Tidur sesuatu yang sedikit gaib. Memang, segala sesuatu yang gaib itu misteri karena gaibnya. Hanya saja kita tak perlu terlalu kepo, karena keterbatasan ilmu dan sesungguhnya ada Sang Pencipta yang lebih tau. Hmm, ada bonus gambar hasil belajar Illustrator beberapa hari ini:




#reflection

Welcome of this Lost Phase

8:39 PM

I's just got 19 years 2 months 3 days old.. not that far away from my plain 19th birthday.. I just hope that i'm get 20 safely with some new concept, new reflection...


Life gets boring. Reality is suck. I'm just none without my friends. I'm just lost. Getting lost, both deeper and farther.  When I'm on my own, I always thinking what this life for, is this serious for me, how about ending life… How about new person, new friends, new event, everything's new. Seriously, how did this condition come and mess up around. Go somewhere? New place is not going to change everything, I think. Yesterday night, I'm going out, just went walking all the way, around my place. Finding new path, seeing everything around, what's went up, knockin' my friend door and hope that they will accompanying that night. Sadly that the sky is not clear enough to see the stars. And everything end up with I'm going to bed earlier, and late for waking up. Everything got messier.



Like waterfalls, I'm just other common water atom, following the flows, clueless about the end of the river. Well that I'm obviously sure, that I have changed. So much. So much that easily forget who am I, how I became this mess, so undefined. Ckk, well yesterday my friend told me that n that we all of us get messier these day. And I'm just like 'oh yeah?', well what this life if it's just about pretending to be fine, to get laugh as much as we can to forget all the problem? It's not easy as your logic think. We don’t only have brain, body.. But also have soul.

"How's your life dude? Getting bussy with many tasks from your college huh?"
Oh so poor
"My soul felt so empty, no light, so empty, clueless"
probably I would say that kind of answer

Can you imagine how life with no passion within. When our hobby get burried by so many daily activities. Fresh air? Well I really need fresh air, not air from fan nor the air conditioner. But this is reality dude, you can't escape. People all go changes. The value got changed so fast. How we socialize, threat each others, how we respect, how we talk, how we see something. Got commingled all the way like dump. The different that I'm still precious to get owned. Well everybody deserve to get owned. Depending how we find each other. I'm getting off. Felt these day, I'm going to be a zombie.. Zombie, without enthusiasm, passionate, optimist for..

Try this and that, everything doesn't work as i want to.

Parents? They took me off, they loose me, set me free, free until I don't get advice, guidance of life. Yeah I'm free. Even when I went home in some weekend, they busy doing their stuff. I have religion. Nope, I don't leave the faith. But it feels like need escorts to go safely, get blessed by Him. I'm so afraid, so afraid and feels like lost of desires for Him. I felt really bad for this. I feel insincere from people around me.. I just wanna be kid again, don't know anything, there's no pressure for everything what I've done. In my eyes, I just can handle my imagination sight now.

I found that 

Don’t know how this life for
I'm getting stuck in phase 'lost-in-life'

But, I found that I'm not getting lost alone in this world. So many people, with no guidance, no purpose..

Advice for my self and you were getting lost in this life
"We can handle this"
"You are brave that you think"
"Let's pray, it seems possible, so that's we pray"
"Fly and run, don't stop moving"
"Enjoy life, forget the past"
"Let's dance fucking up all night"
"Open up some great book, get lost your imagination in the great story"
"Visit some places that most misses all the times"
"Listen cheerful music and singing all the way"

Honestly, I hope that I can be drunk then fly for a moment
and comeback finding a right path in reality

#daily life

Pasukan Penginvasi Plamongansari 2013

2:28 PM



Hai halo~ Melaporkan, disini, pemilik blogger "Bila Box" yang suka menghilang masih hidup, dan berencana berbagi pemikiran salah satu "sesi" kehidupannya, dari sudut pandangnya yang makin terbarukan -halah. Saya, makhluk langka abad 21, saat ini masih hidup dalam  di dunia akademis ke-tata kota-an.

Layaknya dalam suatu laboratorium sosial, kami para mahasiswa perencanaan sebagai alat percobaan yang dapat dipakai berkali-kali dalam suatu eksperimen sosial. Proses yang terjadi antar individunya berupa hubungan "trial and error". Tiap individu berusaha mengembangkan kemampuannya dalam bersosialisasi, berkomunikasi, dengan adanya gesekan dimana-mana, dan itu butuh pengendalian diri, kesadaran sosial serta konsentrasi tentunya

Basamuuu mbaak….

Heuh… Di semester 3 kemarin -yang ditutup dengan Properia Closing Party- kami mendapat ilmu praktis perencanaan, dalam mata kuliah Proses Perencanaan (Pro-Per). Mata kuliah yang paling "primadona" itu, semacam warming-up step awal para calon dokter kota. Dan seperti kode etik tak tertulis, kami dibentuk secara berkelompok, dan tentu saja kedepannya akan selalu berkelompok, less individualis. Apalah guna belajar tata ruang, jika kita tak diimbangi kemampuan bersosialisasi. Menata ruang, kan berarti  menata tempat terjadinya proses sosial. Karena proses sosial melibatkan banyak orang, banyak otak sehingga menata ruang tak bisa sendiran sob. Ruang milik orang banyak, apalagi ini negara berasaskan permusyawaratan.

Jadi, kelompok kali ini terikat kontrak dari awal semester sampai akhir semester. Konsekuensinya yang unavoidable, dan bersifat mutlak absolut hukum alam 100%, otomatis membuat kami akan sering bertemu melakukan hubungan sosial, membesarkan tugas mingguan bersama-sama yang nantinya berujung pada laporan tugas besar.

Hell yeah.. Let me introduce us..

Kami, sebuah pasukan, yang ditugaskan memata-matai dan menginvasi daerah perbatasan berupa kawasan suburban kota Semarang yang strategis,  yaitu Kelurahan Plamongansari, dengan menunggangi motor pribadi, bernama Plasa2, terus ganti jadi Plari -terus penulis pribadi pengen ngerubah jadi Plammers, tapi pada ga tertarik =,,= . Dan rupa terbaik kami bersembilan dapat dilihat dibawah ini -amati baik-baik, karena gambar ini tak akan pernah keluar di ujian- Well, kami terlihat kompak memakai baju biru saat sesi photoshoot di RTH yang baru dibangun dengan lighting yang uncontrolled -karena pake teriknya matahari Banyumanik di siang bolong.




Selama satu semester, selalu bertukar pikiran dan bekerja sama secara intens, menyadarkan akan kekurangan dan potensi masing-masing. Bagi saya, mereka kombinasi pasukan perang terbaik yang pernah dirasakan semenjak masuk dunia gembira PWK. Masing-masing mereka, bagaikan buah yang menyatu menjadi suatu jus ajaib…. bernama Plari. Punya karakter dan pola pikir masing-masing, tapi campurannya menyegarkan, tak bertubrukan, tak mengalahkan yang lain, saling melengkapi dan menyempurnakan. Walau ternyata ketika dicicipi, jusnya kurang gula, kurang sempurna, karena tugas pohon masalah kurang dapat kami pertanggungjawabkan ketika diuji dosen.

Hikmah paling utama setelah berkumpul lama dengan mereka, saya pribadi makin mengenali senjata boomerang berupa ke'obsesifan' terhadap detail dan komprehensif-isme. Di satu sisi menjadi kelebihan, tapi di waktu tertentu bisa jadi kekurangan, karena penyelesaiannya memakan banyak waktu. Susah ditinggalkan, kalau tidak dengan paksaan, karena sudah menjadi habit. 

Mereka juga mengakui potensialnya diri ini tapi sayang terkesan seperti dipendam, karena sikap diam dan terkesan acuh.Waaahh... Maksud hati berusaha memberi ruang pada yang lain, tapi sepertinya diberikan pada waktu yang tak tepat. Dan diri ini bukan tipe orang yang suka mendominasi dan muncul ke permukaan untuk unjuk kebolehan. Namun sekarang rasanya bagaikan terlena dikelilingi bakat-bakat yang unmaximized

sigh~

Rasa terimakasih serta hormatku pada mereka, karena dengan sukarela telah berbagi peran membuat beragam kenangan dalam perjuangan mencari jati diri -heeeeey… mencari nilai ding. Tentang bagaimana saling menghargai perbedaan, saling memahami, saling penuh pemakluman, saling menyemangati, juga tentang bagaimana seringnya  salah jalur ketika harus fokus berdiskusi, atau branding makanan wajib pas survey: mi ayam, dan bagaimana sukanya kami untuk selalu makan, makan, makan. Puncaknya, malam itu, ketika H-4 menuju deadline, kehadiran mereka, buat menemani ngelembur layout dari pagi sampe pagi lagi, benar-benar menjadi cambuk nerakaaa pembakar semangat untuk mempersembahkan yang terbaik…  yehet

Yang berkesan adalah ketika ngeliat mereka satu persatu akhirnya menyerah untuk tidur, hingga akhirnya saat itu hanya setor keberadaan tubuh, dan makluk nokturnal ini melek sendirian, in the midle of the night, berkutat dengan asus putihnya selama berjam-jam, sambil sesekali karaokean, dan melirik ke arah mereka dengan pandangan laser hijau korosif yang glow in the dark …

Karena kalian terlihat pulas sekali seperti anak kucing, dan makhluk ini tiba-tiba bingung, melihat dirinya sebagai induk kucing atau sebagai kelelawar =..=  Tapi tetep, terimakasih bagi pasukan Plari yang mempercayakan layout laporan, padahal ini first experience graphic design dalam bidang layout, dan menjamah Ms Publisher.

Intinya bagi saya sih bukan masalah siapa yang paling bekerja keras,tapi kita sebagai suatu tim sudah seharusnya saling melengkapi, memberikan kinerja yang terbaik, walau sumbangsihnya memang menyesuaikan potensi dan kapasitas masing-masing. Dari pasukan ini, aku dapat merasakan indahnya bekerja dalam kelompok yang solid. Hanya saja diri ini perlu bersiap-siap lagi, menghadapi partner yang belum diketahui di semester mendatang. Yeaaaah semuanya telah bekerja kerasss… 


Penasaran dengan laporan akhir hasil kerja keras kami? Let's click this to download the pdf version -->  http://adf.ly/cdu5q
Thank's for reading. Ciao!

Heavy Raining Holiday
#PrayforIndonesia

PART OF

http://kancutkeblenger.com/ http://indonesian-hijabblogger.com/ Blogger Perempuan